Minggu, 26 Juli 2009

overview singkat memulai MPASI Rumahan

Aduhh, mau mulai dari mana nihhh?? Itu yang sering ditanyakan seorang Ibu saat akan memasuki bulan ke-6 bersama bayinya. Hehehe... been there done that, nggak susah selama kita MAU dan berniat TERUS memberikan yang terbaik untuk anak kita. Kalo menurut saya, MPASI Rumahan lebih mudah dari tahap pemberian ASI Ekslusif yang melibatkan kondisi psikis sang ibu untuk menjaga kelacaran suplai ASI.
Pokoknya, tanamkan di kepala.... Membuat makanan bayi JAUH lebih mudah daripada membuat rendang Padang :-D.
Tulisan ini saya post dalam forum parentsguide. Tulisan ini sebenarnya sambungan dari postingan sebelumnya.
Maap nih, bahasanya 'cuek' banget.. hahahahha....

on: December 27, 2007, 09:49:11 am

Cihuy! Thread baru... Sambungan dari thread HomeMade MPASI Best Baby Food! gw...

Isinya, selain panduan buat "memberi makan" bayi kita, juga resep-tips handal-trik jitu supaya bayi kita nggak jadi picky eater dan selalu dapet makanan rumah yang DIJAMIN sehat!

Pertama, sebelum gw posting resep andalan, mau remind lagi.. Umur 6 bulan..pertama kali makan... even you're workin momma.. DON'T EVER give ur baby BISCUIT for first food! no..no..no.. soalnya berdasarkan pengalaman temen2.. kalo pertama dikasi biskuit, suka susah makan dan sugar addict Tongue syuse deh kitanyah...


Jadi step-nya kira2 begini...

6 Bulan : Mami... I'm ready To Take Solids!

Tanda-tandanya : bayi serius ngeliatin kita kalo pas lagi maem, tangannya menggapai-gapai makanan, suka nglamutin tangannya.

Apa yang harus aku makan?

BUBUR ASI/SUSU

Dibuat dari tepung beras merah dan dicampur ASI/Susu dengan bentuk yang cairrrr...
Kenapa tepung beras merah? Bayi masih perlu zat besi untuk pembentukan sel darah merahnya. Dan beras merah ngasih semua yang dia perlu.. ASI? gak perlu dijawab kale yahh.. ASI geto lohhh..
Kenapa harus cair? Karena selama 5 bulan 4 minggu kan anak kita baru makan ASI / Susu. Masak mau langsung dikasih makanan padet det? Kasian pencernaannya kaleee....

Dannnn.... jangan harap anak mau dikasi makan 3 kali sehari secara langsung... Gak mungkin... menurut buku yang gw baca (Baby Book Dr Sears) Feed your baby when she want to.... Berlaku untuk bayi baru blajar mamam.

Ada mama yang bingung, mau mulai dari mana? Serealia, Buah, Sayur? Pusing...

coba cek artikel yang ini : http://mpasirumahan.blogspot.com/2009/08/faq-1-buah-atau-sayur-dulu.html

Kalau andalan saya adalah: Bubur Susu ini...

20 gr tepung beras merah (saya pake yang organik)
200 ml air matang

campur, dan panaskan sebentar di api kecil sambil terus diaduk. Begitu mengental langsung angkat.

Ambil 1 SDT bubur beras, tambah 50 ml ASI/ Sufor. Aduk, masukkin ke botol bersendok (supaya gampang kasihnya). Coba disuapken dikit-dikit. Kalo anaknya nolak... gak masalah... Try again next time. Grin.


Oya, "bubur" ini akan lebih berupa cairan daripada bubur. Semakin tambah umur, tambahin juga frekuensi pemberian dan kekentalan buburnya
Di minggu ke 3 makan.. kalo udah lancar, bisa ditambah jus sayuran, jus jeruk baby,sari apel bikin sendiri selain ASI/susu. Biar bayinya tambah semangat! *ibunya juga* hekekekeke....

Kenapa pisang gak gw sebut sebagai good first baby food? Karena,ternyata gak semua bayi perutnya "bandel". Ada yang diberi pisang eeehhhhhh.. sembelit, nangis pas pup..*emaknya juga binun kan* Grin Begitu juga Pepaya, ada anak yang malah sembelit diberi pepaya. Sejauh ini, yang paling bikin pencernaan lancar jaya adalah buah Pear Xiang Lie. Tapi nggak usah takut sama sembelit, baca tips mengatasinya di SINI yah!

TIPS untuk memberi PISANG ke bayi yang baru belajar makan...
Kerok pisang, dan BERHENTI tepat sebelun bagian tengah/bijinya... Yang tengah itu yang bikin sembelit bagi beberapa bayi. Selain itu, pilih pisang yang benar-benar matang/dalu. Tipsnya ada di sebelah sini yaaa....

Setelah melalui 2-3 minggu yang lancar.. baruuu kita kasi v a r i a s i
1. Bubur tepung beras merah/putih pake ASI/sufor (A) + Jus Jeruk Baby
2. A + Jus Apel (pilih apel fuji/manalagi, karena manisss)
3. A + Jus Pear (pilih pear xiang lie.. Manis dan seger)
4. A + Pisang kerok lembut (liat anaknya, sembelit atau enggak)
5. A + Zucchini kukus yang dilembutin (sayur nihh)
6. dulu azwa sempet dikasih A + Buncis blender.. tapi gak gitu doyan.. Tongue
Sementara itu dulu yah..
7. Apel kukus
8. Pear kukus
9. Jus jeruk baby 
Di akhir 6 bulan bisa mulai dikenalkan protein dari hewani. Tapi tetep, pakai Aturan Tunggu 4 Hari yaaa.

7 BULAN : Yippeee.. Makanan Baru Ya, Mak!

Yoi, bayiku sayang... Heheheh.... Karena dah 7 bulan, mulai variasi rasa n makanan dan mulai lebih padat nihhh... Bubur tepung bisa juga diganti dengan bubur beras betulan supaya lebih mantap belajar teksturnya Tongue

Sumber Karbo: Kentang Kukus, Labu Parang/Kabocha Kukus, Bubur Tepung Beras.

Sumber Serat Buah & Sayur: Buah; Jeruk Baby, Pear, Apel, zuchinni, buncis, labu parang/kaboca, tomat (rebus dan buang kulit luarnya dulu)

Boleh mulai dikenalin mulai awal 7 Bulan: daging ayam, daging sapi (pilih yang nggak berlemak, kalo punya duwit lebih kasih veal/daging anak sapi ajah) kaldu daging/ceker ayam juga bagus, daging ikan air tawar juga oke. Daging babi (kalo yang makan)... umm.. teralu banyak lemak yah... jangan dulu deh.

Bumbu dapur/rempah simpel bolehmulai dikenalkan. Seperti bawang putih, bawang merah, daun salam, serai.

Oya.. Brokoli, bayam n wortel are goooood... Tapi, kalau masih ada dan tersedia aneka sayuran selain yang disebutkan bisa tahan pemberian sampai umur bayi 8 Bulan... Karenaaaa menurut www.wholesomebabyfood.com makanan ini (brokoli, wortel) "alergenic" alias bisa menimbulkan alergi kalo anaknya berbakan alergian. Selain itu kandungan nitratnya juga tinggi. (bayam) Setelah 8 bulan.. hajar ajah! Tapi kalau anaknya emang tahan banting *apaan sih* dan sudah nggak ada sayuran  lain selain brokoli, bayam , wortel, bit dll yang high in nitrate ya silakan diberikan dengan pengawasan.

Ikan laut (salmon, tengiri, tuna , mackarel, sardines) jangan dikasiken dulu... Tunggu 9 bulan yah.. Takut alergi.. Kaciman....


8 BULAN : Mami, kasih yang menantang doong.....!

Sekarang udah mulai makan tim saring kental, saringnya kalo perlu 2 kali supaya halus.. maklum baru belajar. Makin menuju 9 bulan makin kasar deh saringannya. Jadi menuju nasi tim gitu judulnya.

Makanan yang boleh dimakan, yang udah disebut diatas.. plus wortel, bayem, brokoli, kalo emang mau boleh dikenalin ati ayam, ati sapi yang memang sangat mudah diserap zat besinya. (but I never give Azwa this "liver" thing... amis.. n kalo menurut fungsinya liver itu fungsinya kan mencerna toksin.. jadi isinya racun doang doooonggg.. pantesan pait. Saya mending berikan dia daging sekalian)

Tapi kalo parents mau kasih gapapa lhoooo.... Asal jangan kebanyakan ya. Seminggu sekali / 2 kali pasih OK. Jangan setiap hari ya. Hati hewan mengandung vitamin A tinggi dan Zat besi yang relatif mudah diserap tubuh. 

Mulai umur segini anak biasanya dah mulai "pinter" ngerasain makanan.. Jadi boleh banget bikin masakannya pakai tambahan bumbu seperti bawang bombai, bawang putih, daun salam (bukan daun jeruk hehehe) yang ditumis dengan light olive oil. Unsalted butter gak papa dipake, cuman kalo mau lebih sehat mah pake light olive oil/canola/sunflower. (extra virgin olive oil lebih baik tidak untuk menumis)


9 BULAN : "Mau Nasi TIM !"

Asiikkk.. Umur segini mah, emaknya makin ahli deh masaknya :)

atau makin binun...? Yang penting sampai setahun hindari penambahan salt n sugar while cooking baby's food. Nggak penting... Masih ada keju, kaldu daging dan manisnya sayuran.

Kalo bayi belon mau ngunyah, boleh juga nasi timnya dipenyet sedikit.. cuman jangan teralu alus... nanti males ngunyah.com deh. Bayi harus (wajib) belajar naik tekstur untuk membantu perkembangan rahang yang baik dan pertumbuhan gigi yang sehat.

Oya, kalo lagi iseng nyari di supermarket, boleh lho anaknya dikasi yoghurt. Aman! Apalagi kalo bikin ndiri.. been there done that Grin Kalau males bikin sendiri tapi pengen cari yang pure homemade, coba hubungi saya :D klik http://yogheart.wordpress.com/ *promosi*


10, 11, 12 BULAN : Yaaaayyy!!!!... Dah bisa nyendok sendiri, Mau pegang Sendiri

Fingerfood berjaya! Lantai ikut makan juga!

Anak umur2 segini sotoy abiss.. Maunya pegang sendiri makanannya, tapi ngunyah belon bener, Hati-hati rawan tersedak! Azwa dulu aku kasih Baby Safe Feeder pas 9 bulan... mayan membantu ke-sotoy-annya soal kunyah2 makanan. hihihi... walo sebenernya alat ini bisa dari dia umur 6 bulan.. cuman waktu itu belom punyaaaaa....

Soal jenis makanan, sekarang bakal lebihhh bervariasi, bisa makan nasi lembek plus sup, makan sup krim minimalis, misoa rebus, dll.

Ya kira-kira itu... gw mah berharap ada ibu-ibu bisa nambahin atau bahkan mengkoreksi tulisan gw yang sependek pengalaman gw ngasih makan Azwa. Grin Grin

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

Image Hosted by ImageShack.us

Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)
Yuuukk.. masak makanan buat bayi kitaaaa dan bergabung aja ke milis MPASI Rumahan plus lihat resep kece para Mama Koki Handal.
Salam Cihuy!


Last Edited: 1 Februari 2012





11 komentar:

Anonim mengatakan...

Beli Baby Safe Feeder dimana ?

Anonim mengatakan...

Daging2an bukannya baru boleh dikasih saat umur 8 bulan ya? Kalo masih 7 bulan paling diksi kaldunya doang.

d e p e z a h r i a l mengatakan...

di 7 bulan akhir udah mulai boleh kok dikenalkan daging/protein hewani. 7 bulan menuju 8 bulan gitu... bukan di awal 7 bulan.

kalo baby safe feeder dulu saya beli langsung ke www.babysafefeeder.com

Anonim mengatakan...

saya lg nyari2 kacang polong kering atau segar. Uda ngubek2 di pasar n supermarket tp adanya kacang polong frozen n kalengan. Mohon info dong beli dimana ya...thx

d e p e z a h r i a l mengatakan...

wah, mbak/mas anonim nggak kasih nama dan lokasi.. jadi bingung manggilnya gimana...
Aku sebetulnya pengen tanya, lokasinya dimana.

Kacang polong segar emang rada susah, kecuali kalo nyarinya di pasar modern.

Kalopun mau pake yang frozen nggak apa-apa kok. pilih yang produk dalam negeri aja seperti yang dikeluarin sama diamond (golden farm kalo ga salah namanya)

the one with the random mind... mengatakan...

mba depe makasih banyak atas pencerahannya..bener2 awam dengan mpasi...hehe..

mba, mau tanya kalo ngasih ASi di bubur tepung beras merahnya, pas panas2 atau tunggu dingin ya...

Terus untuk setiap menu harus dengan aturan 4 hari, termasuk dengan menu pertama bubur tepung beras merah +ASI? gitu ya...

thanks..aku tanya2 lagi nanti yaa...

d e p e z a h r i a l mengatakan...

Masukkin ASI Perah-nya pas buburnya anget aja. Bubur tepung beras tuh cepet dingin mbak.
Plus, anaknya sekali makan (kalo baru belajar) itu jumlahnya dikiiit banget. Cuman 1-2 sdt sebelum dikasi ASI / SUfor. Dikit kan? kalo anaknya minta nambah baru dikasi lagi :-)

wida mengatakan...

mo tanya mba, kan bikin bubur tepung beras utk perkenalan 20 g tepung beras dlm 200 ml air..trus cuma diambil 1 sdt plus 50 mL ASI, sisanya disimpan kan..tahan brp lama tuh? thx yah...

ay oriflame blog mengatakan...

Mba depe mau ikutan nanya doonk..
Kalo udah 3 minggu coba bubur beras merah+ asi kan bisa divariasiin ya. Seperti yang mba tulis, misal bubur beras merah + jus apel. Nah jus apelnya kan pertama kali coba nih, gpp ya digabungin ma beras merahnya? Kalo alergi jd penyebabnya jus apel, gitu gak mba?
Terima kasih..

Anonim mengatakan...

i did the mistaken,,
gara2 fathimah melakukan aksi GTM dan waktu mudik kemaren ke rumah mertua susah cari hati atau ayam atau sayuran segar (maklumlah di pedalaman hutan rumahnya),, akhirnya saya kasih fathimah biskuit re*al..
Dan ampe sekarang klao dia lagi gak mau makan nasi karena mau numbuh gigi, doi maunya cuma maem biskuit itu aja..
Untungnya dia masih mau dibujukin pake roti tawar gandum..
padahal dia belum setahun sekarang

Feeling so guilty banget sampe sekarang

Elshinta mengatakan...

mba jadi utk pertama MPASI itu tepung beras dulu ya..jadi kalo pake gasol boleh ya