Sabtu, 15 Agustus 2009

FAQ 2 - Seberapa Banyak Bayi Makan ?

Saya pernah baca statement menarik dari Dr.Sears dalam buku The Baby Book. Yang intinya kira-kira begini :
"Bayi akan makan sebanyak yang dia inginkan, hormati selera makan dan perut si bayi"
Kadang ada ibu yang khawatir melihat jumlah/porsi makan anaknya yang lebih sedikit dari anak tetangganya. Anaknya, dengan umur yang sama dengan anak tetangganya cuma makan separuh mangkok. Sedangkan tetangganya satu mangkok saja masih menangis.
Banyak sedikit porsi makan bukan patokan terpenuhinya kebutuhan gizi dalam sehari. Dan inget lho... setiap bayi adalah manusia kecil yang cerdas, dia pasti bisa merasakan kapan dia membutuhkan makan banyak atau sedikit PLUS... setiap bayi memiliki perbedaan kebutuhan.
Observasi setiap porsi makanan yang diberikan, dan kita akan dengan mudah menemukan pola dan takaran yang tepat! (^_^)

Secara teori, bayi yang baru saja belajar makan cukup kenyang dengan 1-2 sendok makan (dewasa) makanan padat. Sisanya tetap ASI/Sufor. Menurut buku panduan MPASI dari WHO, kapasitas lambung si kecil itu tidak lebih dari 200ml. Jadi jangan harap seorang bayi bisa langsung menghabiskan semangkuk bubur ukuran dewasa :) Mulai dari kuantitas sedikit, dan tambahkan perlahan sesuai dengan kebutuhan si bayi. Selalu terapkan responsive feeding.

Berikut saran porsi makan bayi pada umumnya. ( Sumber: Brosur petunjuk MPASI Rumahan yang diterbitkan UNICEF pada tahun 2010, keadaan bisa berbeda pada setiap bayi, silakan sesuaikan dengan keadaan masing-masing bayi)


Mulai dari umur 6 bulan
Jenis makanan:
Makanan lumat, bubur halus dan lumat.
Frekuensi :
2 – 3 kali sehari
Seberapa banyak :
2 – 3 sendok makan setiap waktu makan ( 30 - 45 ml / makan)

7 – 9 bulan
Jenis makanan:
Makanan  lembut
Frekuensi :
2 – 3 kali sehari ditambah camilan/selingan sehat 1-2 kali
Seberapa banyak :
2 – 3 sendok makan setiap waktu makan ( 30 - 45 ml / makan) sampai  setengah cup (100 – 120 ml / 100-120 gr) setiap waktu makan.

10 – 12 Bulan
Jenis makanan:
Makanan lembut yang lebih padat dan makanan yang bisa dijumput oleh bayi.
Frekuensi :
3 -4 kali sehari ditambah camilan/selingan sehat 1 – 2 kali
Seberapa banyak :
Sedikitnya setengah cup (100 -120 ml / 100-120 gr) setiap waktu makan.

12 Bulan + - 2 Tahun
Jenis makanan:
Makanan keluarga, dihaluskan seperlunya
Frekuensi :
3 -4 kali sehari ditambah camilan/selingan sehat 1 – 2 kali
Seberapa banyak :
¾ hingga 1 cup setiap kali makan (200 -250 ml  / 150 -250 gr setiap waktu makan)


Dan ini sekedar berbagi pengalaman ya ... banyak-sedikit bayi makan, dipengaruhi oleh kesehatan diri bayi dan suasana hati yang memberi makan. Kalo bayi sakit, nggak enak badan, kechetit/keseleo, tumbuh gigi otomatis akan mengurangi porsi makannya. Begitu juga kita-atau pengasuh bayi- sebagai "penyuap". Saya perhatikan, kalau saya sedang dalam keadaan kemrungsung alias terburu-buru, malas, dan capek maka anak saya juga angot-angotan makannya

Jadi, selama grafik di KMS masih melaju naik dan selalu di wilayah hijau.... tenangkan diri Ibu. Kalau masih ragu, bisa konsul ke dokter anak & ahli gizi klinis.

Yang terpenting : Jangan pernah memaksa makanan masuk ke mulut bayi apalagi mencekoki bayi saat dia sudah memberikan tanda "cukup", yaitu memalingkan wajah saat sendok mendekat dan bibirnya sudah mengatup! Cobalah beberapa waktu lagi, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada sekali banyak dan dipaksa. Bikin traumaaa........

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

Image Hosted by ImageShack.us

Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)

Salam Cihuy!

(terimakasih untuk Za/Dhara untuk ide pertanyaannya !)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak Depe, mau tanya nih....
Babyku skrg 10 bln, biasanya bayi2 umur segitu normalnya makan brp banyak yah sekali makan? memang gak bagus sih mbandingin baby sendiri sm bayi2 lain, tapi saya pengen tau kapasitas normalnya aja. Trus...saya bingung mbak kalo dikatakan bayi saya sudah kenyang atau belum, krn kadang2 kan bayi jg bs mengeluarkan GTMnya bukan krn kenyang, tp krn mungkin gak suka sm makanannya. Naahh.... Gimana tuh mbak? Padahal dia mungkin msh lapar, tp krn gak suka, jd gak mau, lalu jadilah gak jd makan, brarti berkurang nutrisi yg seharusnya sdh masuk. Gmn menyiasatinya? Makasi mbak Depe.

Mama Kumiko