Senin, 17 Agustus 2009

FAQ 4 - Bubur, Tim, Tanak : apa bedanya ?

OK, ini adalah pertanyaan paling basic yang sering bikin bingung karena diantara ketiganya terdapat tekstur-tekstur yang hampir mirip. Mari kita mulai dengan BUBUR.

BUBUR

Saya meng'golongkan' bubur untuk MPASI Rumahan menjadi 2 macam:
  1. Bubur Tepung Beras
  2. Bubur Beras
Bubur Tepung Beras -seperti namanya- dibuat dari beras yang dihaluskan. Terkadang melewati proses perendaman, sangrai sebentar, sebelum akhirnya ditumbuk menjadi tepung (tapi bukan tepung beras yang biasa untuk kue basah yaa..). Teksturnya setelah dimasak lembut dengan sedikit 'sandy' alias berpasir.
Bubur ini praktis karena untuk mengatur kekentalannya tinggal ditambah/dikurangi cairan pelarutnya. Bisa digunakan untuk makanan pertama bayi.

Bubur Beras, dibuat dari beras utuh yang ditambah dengan air/kaldu banyak dan diaduk terus-menerus selama proses pemasakan supaya diperoleh tekstur yang tepat. Hasil bubur beras akan lebih kasar, kadang masih terlihat butiran beras. Seperti bubur tepung beras, kekentalan dan tekstur bisa diatur dengan menambah/mengurangi cairan.
Untuk makanan pertama bayi bisa juga dengan diberi bubur beras yang disaring halus dan ditambah cairan (ASI/Sufor) setelah bubur matang.


(NASI) TIM

Saya sendiri belum nemu definisi cara masak nasi "TIM" secara ilmiah. Tapi inilah definisi nasi tim menurut pengalaman saya:

Nasi tim adalah cara memasak nasi dengan cara mengaron beras dengan air/kaldu yang agak banyak (namun nggak sebanyak seperti masak bubur) sambil diaduk sesekali, lalu dikukus dalam kukusan dan sebelumnya nasi aron itu dimasukkan sebuah wadah tertutup.

Nah, waktu ber MPASI dengan anak saya, Nasi tim ini dibagi lagi menjadi nasi tim saring, dan nasi tim biasa. Mulai pusing? Jangan.... Gampang kok sebetulnya. Ini cuma masalah tekstur saja.
Nasi tim saring bisa dikenalkan mulai 8 bulan. Teksturnya mirip dengan bubur berasa yang sangat kental. Namun ada bedanya, beda bubur yang sangat kental dengan tim saring adalah : Bubur akan lebih cepat berair dan rasanya tidak semantap/setanak nasi tim saring (^_^).


Untuk membuat Nasi Tim menggunakan electronic slow cooker bisa disimak videonya di SINI.
Untuk membuat Nasi Tim menggunakan cara biasa (menggunakan kompor dan panci) bisa disimak videonya di SINI.


Makin meningkat umurnya, nasi tim tidak perlu disaring. Namun bisa hanya dihaluskan menggunakan sendok saja. Jangan lupa, untuk tahapan makan nasi tim sebaiknya Ibu selalu menyiapkan sayuran/masakan berkuah. Supaya bayi nggak merasa seret.. hehehe.
Nah, nasi tim yang sudah advance teksturnya akan mirip dengan nasi tanak lembek. Hihihi.. saya merasa pasti saat ini ada Ibu yang keningnya berkerut-kerut. Tenaaang.. ingat, membuat makanan bayi lebihmudah daripada membuat rendang padang *LOL*. Mari kita masuk ke bahasan nasi tanak, OK?!


NASI TANAK

Ini juga nggak ada definisi ilmiahnya. Nasi tanak bisa disebut juga nasi liwet. Karena masaknya dengan cara diliwet sehingga tanek. (apalagi ituuuu? *LOL*)
Nasi tanak lembek memiliki tekstur yang sangat mirip dengan nasi tim biasa. Hanya saja, nasi tanak biasanya lebih 'taneg', lebih pulen dan lebih padat daripada nasi tim. Nasi tanak bisa dibuat dengan cara 'tradisional'-dengan cara di aron dan dilanjutkan dengan me-liwet/menanak nasi aron dalam kukusan (langsung, nggak pakai ditaruh di wadah). Atau pakai cara yang paling cangggih... dengan Rice Cooker *LOL*
Hanya saja, menanak nasi dengan kukusan hasilnya akan jauh lebih bagus daripada menanak nasi dengan rice cooker. Nasi tanak bisa diatur tingkat "kepulenan"nya dengan cara menambah/mengurangi cairan saat mengaron beras menjadi nasi setengah matang. Pada saat mengaron, jangan terlalu banyak diaduk, karena akan berpengaruh terhadap ke-pulen/tanak-an nasi.

Nah soal memasak bubur, dan nasi tim bisa dilakukan dalam electric slowcooker dengan memberikan variasi jumlah cairan/air/kaldu. Namun untuk pembuatan nasi tanak, lebih baik dimasak dalam rice cooker atau pakai cara tradisional : mengaron dan mengukus.

Repot? ah enggak... lebih repot kalo bayi kita dikasih makanan instan tiap hari.... Mahal dan nggak lebih baik juga daripada MPASI Rumahan :-D

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

Image Hosted by ImageShack.us

Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)

Salam Cihuy!

( terimakasih untuk Ria Suryana atas ide faq-nya )

13 komentar:

Anonim mengatakan...

mba depe, mau tanya..
nasi tim itu dikukusnya dalam wadah tertutup atau gmn?coz diatas tulisannya "sebelumnya nasi aron dimasukkan ke dalam wadah tertutup"..
makaciiih...

d e p e z a h r i a l mengatakan...

yup, betul.. jadi sebelum dikukus, nasi aronny simasukkan dalam wadah (misal: panci kecil/rantang kecil) lalu rantangnya jangan dibiarkan terbuka gitua ja.. tapi ditutup dengan tutup rantang atau pakai clingwrap juga boleh.

Anonim mengatakan...

mbak..mau nanya dong..
boleh gak bikin bubur nasinya dari nasi yang udah matang trus dicampur ama air kaldu+sayur2an lain (yg dah matang juga) ?
Soale untuk anakku umur 10 bln aku bikinin dengan cara gitu...

Anonim mengatakan...

mbak..mau nanya dong..
boleh gak bikin bubur nasinya dari nasi yang udah matang trus dicampur ama air kaldu+sayur2an lain (yg dah matang juga) ?
Soale untuk anakku umur 10 bln aku bikinin dengan cara gitu...

d e p e z a h r i a l mengatakan...

dibilang nggak boleh sih enggak juga ya.... Boleh aja.

Cuman, saya sih lebih concern ke kandungan gizinya. Berhubung udah dimasak, dimasak lagi pasti turun banyak tuh.

Dan rasanya pasti nggak se-sip kalo bikin bubur dari beras.

Kalo pakai cara semacam itu, berarti sebetulnya si anak udah bisa makan nasi lembek dong... Kan teksturnya jadi mirip.

Anonim mengatakan...

Mbak mau nanya, gmn ya cara membuat nasi tim dg SC? apa nunggu mateng trus dikukus? soalnya babyku 9 bln bml tmbh gigi sdgkn aku pingin naikkan tekstur buburnya... tq

Sophia mengatakan...

Mba mau nanya, jadi urutannya itu harusnya bagaimana ya?

Bubur tepung beras -> Tim Saring -> Nasi Tim -> Nasi Tanak, gitu ya? bubur berasnya di step yg mana?

Soalnya saya kasihnya Bubur tepung beras -> Tim Saring -> Bubur Beras, kebetulan anaknya ga mau makan bubur beras apa karena stepnya salah ya?

Trus perkiraan usia anak untuk makan setiap step diatas itu brp bln aja ya Mba? (walau ga bisa di patok hanya untuk gambaran sy aja)

d e p e z a h r i a l mengatakan...

biasanya begini: Bubur tepung beras, bubur beras, nasi tim saring, tim utuh, nasi lembek, nasi tanak

Tiap tahapan kadang berbeda satua nak dengan yang lain, tapibiasanya sih sebulan gitu.. peralihannya pelan-pelan dikentalkan teksturnya.

Jangan kaget kalo ada anak yang suka "melompat" tekstur atau malah lama di satu tekstur tertentu bahkan balik ke tekstur yang lebih lembek (biasanyakalau sedang nggak enak badan, sakit dll)

Sophia mengatakan...

Oh gitu toh, thanks ya Mba informasinya.

abnisa-dp mengatakan...

mba depe...
utk tepung beras boleh ga si klo kita bikin dr beras putih/merah yg kita blender sendiri sampai halus?

Anonim mengatakan...

mbk depe..tepung beras merah itu biasanya bs dibeli dmn yaa?? kan beda tu sama tepung beras yg dpke bwt kue basah. thankz b4-imamy bputri

Anonim mengatakan...

mba Depe, berarti slowcooker baru dipake pas usia 7 bulanan ya? bwt bikin bubur beras. coz sy ibu bekrja jdi sy pgn beli utk memudahkan mpasi homemade.

@mb anonim : maaf mncoba jwab, coba cari tepunggasol di google. ada yg jual ol juga.

Makasih
-Bunda Farid-

Anonim mengatakan...

mau nambahin sedikit, sepengetahuan saya nasi tim itu adalah nasi yang dimasak dengan cara beras yang sudah dicuci ditaruh dipanci kecil, dalam panci kecil itu ditambah air, baru selanjutnya panci kecil yang berisi beras itu dimasukkan lagi dalam panci yang lebih besar yang berisi air juga baru di panaskan sampe matang (prinsipnya seperti au bain marie itu) CMIWW.
terima kasih sebelumnya
-bunda fathir-