Jumat, 04 September 2009

Macam-Macam Minyak Untuk Masak MPASI Rumahan

Sebetulnya ini adalah tulisan saya di milis MPASI Rumahan jaman anak masih 'bayi' dulu. Yang asli ada DISINI.Saya kutipkan lagi disini biar nggak susah ngubek-ngubek arsip milis.


Dalam ilmu gizi, 5 gram minyak memiliki 44 kKal (kalori). Jadi minyak - lebih baik dalam keadaan TIDAK dipanaskan secara berlebihan/untuk menggoreng- baik untuk memacu/boosting up berat badan anak. Minyak dari golongan "baik" yang dipanaskan dapat berubah menjadi minyak "jahat". Jadi sebaiknya apabila digunakan untuk keperluan boosting/memacu berat badan bayi, cukup campurkan dalam keadaan tidak dipanaskan.

Sebenernya minyak masak pada dasarnya ada 2 macem..
Minyak Masak/cooking oil dan minyak bumbu/seasoning oil.



Extra Virgin Olive Oil, Virgin Olive Oil, Olive Oil, Light Olive Oil, Extra Light Olive Oil



Bisa dilihat di http://www.oliveoilsource.com/cooking_olive_oil.htm di pasaran ada merek bertolli, dougo, borges, dan merek arab-arab gitu...
Gak disarankan untuk makanan yang digoreng sampe kerendem minyak dan bisa nambahin omega -3 ke makanan anak serta menambah berat badan.
Caranya masukkin aja 1 sdm extra virgin olive oil ke makanannya. Jenis olive oil yang extra virgin/virgin tidak untuk dikonsumsi sebagai minyak masak, apalagi untuk menggoreng. Selain itu jenis olive,light dan extra light bisa untuk menumis ringan. Namun tidak untuk dipanaskan berlebihan.

Corn Oil


ada disini http://en.wikipedia.org/wiki/Corn_oil, kalo di indonesia biasanya buat yang lagi diet... mereknya ada beberapa, tropicana slim dan satu lagi aku lupa.... Soal harga, sama mahal dengan minyak zaitun (beda dikiit)

Canola Oil


Ini juga golongan minyak masak mahal... mereknya dougo.
dari webnya detikfood didapat info sbb:
minyak goreng serbaguna yang memiliki kandungan lemak tunggal tak jenuh (monounsaturated fat) 58%, yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Nama Canola berasal dari Canadian Oil.

Karena kandungan lemaknya yang sangat bagus maka para ahli gizi dan kesehatan di dunia mendukung pemakaian minyak Canola sebagai usaha pencegahan terhadap penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes dan naiknya kadar kolesterol darah.

Minyak Canola ini tidak cepat berasap saat dipanaskan pada suhu tinggi. Karena itu saat bahan makanan digoreng (deep frying) minyak akan mematangkan secara merata. Bahkan pada saat ditiriskan, minyak yang menempel pada bahan makanan lebih cepat tiris sehingga tidak banyak tertinggal pada makanan. Hasilnya, gorengan memiliki kalori 5%-10% lebih rendah. Warna gorenganpun sangat alami, kuning keemasan dengan rasa renyah dan gurih yang prima. Minyak canola paling bagus untuk menggoreng bahan-bahan yang perlu digoreng "deep-fried"/tercelup.


Minyak Wijen.

Kalo ini termasuk seasoning oil alias minyak bumbu. Tapi nggak masalah kalau mau dikasihkan ke bayi. Fungsinya nambah aroma masakan jadi 'oriental' sekali!

Oya, Semua tentang cooking oil bisa dilihat di
http://en.wikipedia.org/wiki/Cooking_oil

Macem-macem lho ternyata... :-)

Trus kata Mod Monica nih, berhubung ada hubungannya dengan orang India... di India katanya tiap anak-anak makan diksih yang namanya GHEE (http://en.wikipedia.org/wiki/Clarified_butter)
Enak, tapi berlemakkkk. Kalo buat anak kecil mah gapapa.... masih masa pertumbuhan...

Yang penting jangan dikasih jelantah yah!

8 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo minyak masak kayak fil**, b*mo**, dll (yg diiklanin ti TV boleh gak yah?

d e p e z a h r i a l mengatakan...

halah..ini lho... senengnya kok membintang-bintangi huruf... jadi nggak jelas deh pertanyaannya...

apa ya? filma? bimoli? itu termasuk minyak kelapa sawit, boleh-boleh saja.

Anonim mengatakan...

dikasihnya mulai umur berapa mba?

d e p e z a h r i a l mengatakan...

Bisa dari umur 7 bulanan, untuk diskusi lengkapnya bisa cek di milis. Klik aja link ini:

http://health.groups.yahoo.com/group/mpasirumahan/message/26387

Indy mengatakan...

Mbak depe, help donggg...
aku bingung mo nanya siapa, cari sana sini ga ketemu jawaban, tanya ke ahli mpasi aja deh.. ;p
Selama ini aku selalu memakai extra virgin olive oil untuk masak makanan anakku sejak dia 1 thn lebih. misalnya buat numis bawang, sayur, goreng nugget, dll.
tapi baru2 ini aku baca katanya minyak zaitun itu ga boleh dipanaskan krn kandungan gizinya akan rusak? harusnya langsung dicampurin ke makanan aja. bener ga sih..? jadi sebaiknya masak makanan bayi pake minyak apa yaaa..? helpppp....

d e p e z a h r i a l mengatakan...

betul mbak inidy, kalo extravirgin OO emang ga baik kalo dipanaskan untuk menggoreng ala deep-fried alias model yang harus kerendem semua dgn minyak banyak karena merusak kandungan manfaat walo meninggalkan aroma yang enaaaakkk sekali. Ruginya sih : hilang manfaat dan sayang duitnya. Gile aje kalo goreng ayam pake minyak zaitun, enak tapi morotin dwong :-D

OO paling oke u/ menumis pake yang extra light dan paling butuhnya dikit.

Kalo saya dulu sebelum tahu hal itu tetep pake EVOO, pas udah tau dan hanya ada evoo yaaa.... tetep pake apa yang ada atau..pake aja minyak goreng biasa. Kadang saya cuman beli EVOO untuk ambil aromanya juga. Tapi kalo mau usaha rada extra buat masakan, cari aja sebotol kecil minyak canola, aroma yang dihasilkan juga enak kok. Buat tumisan juga mantep.

riza mengatakan...

.... saya kok baru tahu ada berbagai macam minyak dengan berr
agam fungsinya....thanks infonya

Anonim mengatakan...

untuk baby 7m 1sdm atau sdt tu mom, byk yg blg sdt .. gmn ya mom