Jumat, 05 Maret 2010

[ Resep ] Nugget Ayam-Bayam isi Keju (12 Bulan+)

ini sebetulnya variasi nugget biasa, misinya adalah menyembunyikan sayur dengan cara yang disukai Balita. Cara membuatnya mudah, dan bisa dibuat banyak sekalian lalu di freezer. Alternatif sayuran lain yang pernah saya buat : Buncis, Wortel, Beet, Brokoli.


Bahan:
400 gr dada ayam tanpa kulit, potong kotak dan bekukan
200 gr daun bayam hijau segar
2 sdm tepung sagu tani
2 siung bawang putih
garam&merica secukupnya
100 gr keju cheddar
200 gr breadcrumbs (lebih cantik hasilnya daripada menggunakan tepung panir)
2 Telur ayam
150 ml susu cair tanpa rasa/plain
1 sdm tepung terigu serbaguna

Peralatan khusus:
dandang untuk mengukus
mangkok-mangkok
clingwrap
prosesor makanan/blender

Cara membuat :
1. Siapkan ayam, potong kotak lalu bekukan. Gunanya supaya adonan tidak terlalu cair.
Image Hosted by ImageShack.us

2. Proses ayam dan bayam dalam prosesor makanan
Image Hosted by ImageShack.us

3. Campurkan hasil proses ayam, bayam dengan 1 telur, bawang putih yang dihaluskan bersama garam+merica, dan tepung sagu. Aduk hingga adonan rata. Sisihkan.
Image Hosted by ImageShack.us

4. Potong keju dengan bentuk memanjang seperti ini :
Image Hosted by ImageShack.us

5. Ambil kurang lebih 200gr adonan ayam-bayam, taruh diatas selembar clingwrap yang agak lebar, lalu tambahkan keju di tengahnya. Bungkus adonan menyerupai sosis besar.
Clingwrap aman digunakan untuk makanan. Lakukan sampai adonan habis
Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us

6. Setelah dandang panas dan beruap, masukkan gulungan ayam ke dalamnya. Kukus kurang lebih 20 menit.
Image Hosted by ImageShack.us

7. Siapkan bahan pelapis yang terdiri dari telur, susu, dan tepung terigu. Kocok rata, sisihkan.
Image Hosted by ImageShack.us

8. Setelah matang, potong-potong. Bisa agak menyerong atau bulat-bulat. Lihat! ada keju di tengahnya (^_^)
Image Hosted by ImageShack.us

9. Masukkan dalam bahan pencelup/pelapis, lalu gulung dengan breadcrumbs.
Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us

10. siap digoreng atau dibekukan untuk disimpan.

Selamat mencoba yaaaa!

7 komentar:

anggit ibu darin mengatakan...

mau.. mau bikin ah. mau bikin yang pake buncis/brokoli aja, ga pede nyimpen bayam lama-lama (teuteup)

d e p e z a h r i a l mengatakan...

gapapa anggit... pada dasarnya si brokoli, wortel bayem kan sayuran bernitrat. emang bisa bereaksi jadi nitrit. Kandungannya ga sebanyak yang ada dalam makanan kaleng kok, jadi masih dalam batas toleransi.

debby tondo mengatakan...

klo disimpen boleh brp lamaa Dep?

d e p e z a h r i a l mengatakan...

hmmm... yaaah... kalo di freezer yang bener2 membekukan bisa awet sampe sebulan... dengan catatan : jangan dimakan-makan ya. wahahahha..

Nyimpen makanan beku gini jangan lebih dari sebulan, Deb. Kalo bisa sebelum sebulan udah abis. Kan dibuka tutup buka tutup melulu. Saran: simpen di bungkusan kecil2 isi 10-15 nugget, jadi kalo masak-simpen paling 2 kali buka tutup :-)

Mrs. mengatakan...

ahh...coba ahhh...anakku sebentar lg 1 thn...asiiik...asiiik. Hmm..biar ga kelamaan di simpen, mamanya ikut bantuin makan juga deh ^.^

risty mengatakan...

mbaak.... mau tanya... gak punya prosesor ni, utk mengolah ayam di no 2 bisa pake blender gak?

umminya 'aisyah mengatakan...

mba depe...mo nanya dung, itu adonannya cair kental gitu ga? tp lebih mendekati ke cair dibanding kental? jd kaya adonan kue cake gitu yg sebelum dipanggang? bingung euy pas mo gulung pake clingwrap pada meluber, kuatir lepas, jd dikukus pake wadah kotak deh. padahal pengennya bikinnya bulet aja...niy nyobainnya yg dr resep nuget ayam pelangi yg ada di file di milis.