Senin, 31 Mei 2010

Basic Puree Sayuran Untuk MPASI Awal

Ini adalah sebagian dari file yang ada dalam milis MPASI Rumahan yang sering jadi hal yang bikin pusing para Ibu yang baru memulai MPASI. Sebetulnya nggak suasah kok, cuman perlu kukusan/panci dan saringan/moulli plus kesabaran tingkat tinggi karena nggak semua sayuran bisa dengan mudah di-puree.

Pake blender bisa, tapi nggak disarankan. Karena dengan diblender teksturnya sayuran jadi benar-benar hilang, terlalu halus. Kalau disaring/moulli juga halus, tapi masih berasa teksturnya dan tidak terlalu mudah mencair kalau kelamaan diluar.

Oke, silakan dicatat yuk!

 BASIC PUREE SAYURAN

  1. PUREE WORTEL (8B+)
CARA MEMBUAT:
-          kupas dan cuci wortel (wortel lokal lebih manis walau bentuknya jelek), lalu potong kecil-kecil
-          panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan wortel dan kukus hingga empuk.
-          Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan wortel. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
-          Puree siap disajikan.

  1. PUREE BUNCIS
CARA MEMBUAT :
-          Pilih buncis yang muda.
-          Bersihkan dan potong ujung-ujung buncis, lalu potong kecil-kecil.
-          panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan buncis dan kukus hingga empuk.
-          Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan buncis. Amati apakah masih ada serat buncis yang masih tertinggal.
-          Puree siap disajikan.

  1. PUREE JAGUNG MANIS/JAGUNG BIASA
CARA MEMBUAT
-          Kupas jagung, bersihkan rambut-rambutnya dan cuci bersih.
-          Didihkan air dan masak jagung bersama bonggolnya sampai masak (+5menit)
-          Angkat, dinginkan, serut bijinya.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan jagung. Amati apakah masih ada serat / kulit biji jagung yang masih tertinggal.
-          Puree siap disajikan.

4. PUREE BROKOLI (8B+)
CARA MEMBUAT:
-          Pilih brokoli yang muda, yang bunganya masih hijau tua dan rapat. Warna kekuningan menandakan brokoli sudah teralu ‘tua’, bunganya banyak yang mekar.
-          Cuci bersih, kalau bisa dibawah air mengalir supaya ulat brokoli dan kotoran yang ada keluar.
-          Ambil ‘bunga’ hijaunya (kalau dengan batangnya, proses puree-ing nya agak susah, hasil yang didapat kurang halus), lalu kukus dalam dandang/steamer.
-          Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan brokoli. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
-          Puree siap disajikan.


  1. PUREE ZUCCHINI/SUKINI
CARA MEMBUAT (KUKUS)
-          pilih sukini yang tidak terlalu besar, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
-          panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan sukini dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
-          Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan sukini. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
-          Puree siap disajikan.

CARA MEMBUAT (PANGGANG)
-          cuci bersih sukini (pilih yang agak besar), belah memanjang. Olesi bahian putihnya dengan unsalted butter/minyak zaitun.
-          Panaskan oven, masukkan sukini, panggang sebentar (5-8 menit)
-          Keluarkan, kerok bagian putihnya, haluskan.
-          Puree siap disajikan (rasanya akan lebih gurih)


  1. PUREE TERONG UNGU
CARA MEMBUAT:
-          pilih terong ungu yang tidak terlalu besar, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
-          panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan terong ungu dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
-          Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
-          Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan terong kukus. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
-          Puree siap disajikan.

CARA MEMBUAT (PANGGANG)
-          cuci bersih terong ungu, belah memanjang. Olesi bahian putihnya dengan unsalted butter/minyak zaitun.
-          Panaskan oven, masukkan terong ungu, panggang sebentar (5-8 menit)
-          Keluarkan, kerok bagian putihnya, haluskan.
-          Puree siap disajikan (rasanya akan lebih gurih)


  1. PUREE  BAYAM (8B+) -> dikukus.
Mengapa saya suka cara dikukus, karena dengan dikukus vitaminya tidak terlalu banyak hilang (^_^)
CARA MEMBUAT:
-          Pilih bayam yang hijau segar, petik daunnya.
-          Cuci bersih, tiriskan, lalu potong halus, taruh di wadah non stainless  (keramik/pyrex) beri sedikit kaldu / air.
-          Panaskan dandang hingga beruap banyak, lalu masukkan bayam. Kukus 10 menit.
-          Angkat, lalu segera haluskan dengan saringan/blender.
-          Sajikan, segera habiskan, dan jangan dipanaskan lagi.


Image Hosted by ImageShack.us
Image Hosted by ImageShack.us

8 komentar:

maya mengatakan...

babyku 7d to 7m, bolehkah memakai minyak zaitun?

Intan mengatakan...

ikut copas yah mbak ..
thanks buat infonya .. :)

d e p e z a h r i a l mengatakan...

Hai Intan,

jangan lupa tulus sumbernya ya... nggak boleh loh asal copas :)

Duweke Gloria mengatakan...

Bunda ijin copas juga yach,ntar pasti dikasi sumbernya dech

PROMO Buku Anak dan Balita mengatakan...

waaah... seneng banget deh bisa masakin sayur2an , mmm.. tampak praktis.. dan pastinya lezat .. yummmyy

Neka Tragedinita mengatakan...

mba' Depe, klo yg buat 6 bln ada gak??

aku lihatnya, cuma buat yg 8+, kalau sisanya, bisa buat semua umur (>6 bln)?

Dewi bubuna Faiz mengatakan...

iya mba yg 6 bln.. jagoanku br mau makan

kaos flanel unik dan lucu mengatakan...

ijin copas,,tq