Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Seputar Penyimpanan dan Pengolahan Daging

Beberapa minggu lalu, saya nge-tweet lewat akun @MamaKokiHandal tentang tata cara penanganan dan pengolahan daging segar. Sumbernya dari selebarannya Aussie Beef yang saya dapat di Hero Supermarket :-D (apa aja bisa jadi source yaaa.. hahahah) plus beberapa website. Ini diaaa:
  1. etelah dibeli, jika tidak langsung dimasak daging harus disimpan di lemari es di bagian yg paling dingin. Mintalah selalu es batu pada penjual daging untuk menjaga suhu daging selalu dingin.
  2. impan selalu daging mentah pada suhu minus 1 - 5°C.
  3. Bila kotor, jangan dicuci dengan air. Cukup potong bagian yang kotor.
  4. Simpan daging segar dalam wadah bersih, tutup rapat dan bungkus clingwrap/plastik kedap udara.
  5. Jangan campur daging yg sudah dimasak dengan daging mentah, selalu pisahkan. (Mencegah cross contamination)
  6. elalu letakkan daging mentah/segar satu lapisan saja. Jangan bertumpuk.
  7. Jika ingin membekukan daging, bagi dalam potongan kecil/porsi. Hal ini lebih baik daripada dibekukan dalam potongan besar sehingga harus bolak balik thawing dimana proses ini rawan menimbulkan bacteria build-up.
  8. lansir/blanch daging segar sebelum memasak untuk melarutkan sisa darah dan kotoran. Mencuci daging menghilangkan sarinya.
  9. ara blansir/blanch daging: potong sesuai dengan kebutuhan. Panaskan air hingga mendidih, rebus 3-4 menit. Angkat/tiriskan. Buang airnya. Cara ini berlaku juga untuk membuat kaldu daging.
Khusus daging cincang/giling/ground/hamburger beef yang dibeli di supermarket tidak perlu dicuci lagi, diblanch dalam bentuk bulat-bulat (seperti bakso) atau langsung dimasak dengan catatan: harus benar-benar done/matang yah masaknya karena daging giling lebih mudah terkontaminasi bakteri dan mudah rusak. Lebih lanjut soal cara menyimpan dan mengolah daging giling bisa dibaca pada link berikut ini.

Baca juga soal  PRINSIP HIGENITAS MAKANAN yang ditulis oleh Mod Yossi, dan resep berbasis daging di link ini.

Salam,

Depe Zahrial

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mba, ini maksudnya daging giling yg baru dibeli boleh langsung disimpan ke dlm kulkas dulu?(karena bsk paginya baru mau dipake aku baru blanch daging giling dgn memasukkan ke dlm air mendidih tapi dagingnya kok langsung matang gitu. sudah itu boleh disimpan ke dlm kulkas kan utk bbrp kali mkn atau tdk boleh? *pusing krn baru pertama kali blanch daging*