Selasa, 03 Juni 2014

Hayu Daftar Ka Kopdaran & Re Launching Buku "MPASI Travelling (Lebih) Cihuy"


Klik untuk memperbesar gambar :)

Penerbit Rak Buku & Komunitas Mamaku Koki Handal - MPASI Rumahan, mempersembahkan:

KOPDAR & Re-Launching Buku "MPASI Travelling (Lebih) Cihuy!"

Buku MPASI Travelling Cihuy! kali ini dikemas ulang dengan isi yang lebih lengkap dan CIHUY! :D

Seperti biasa, kalau di acara kami SEMUA yang sudah melakukan reservasi PASTI dapat doorprize :D

Silakan dateng sama anak, suami, aa, teteh, uwa, nini, aki, semua deh diajak jalan-jalan!

KLIK DISINI UNTUK RESERVASI atau langsung aja e-mail ke kontakrakbuku@gmail.com supaya nggak kehabisan goodiebag

Kepengen ikutan ngisi bazaar? KLIK DISINI untuk pendaftaran Mini Bazaar, ya Mamaa :D

Segera reservasi seat-mu ya, Mama. Tempatnya terbatasss :)



Senin, 26 Mei 2014

Resep | Zucchini Chocolate Cake alias Bolu Coklat Sukini! (Batita+)

Halooooohhhhh!!
Wahhhh, setelah resep Cupcake Terong, dan Avocado Vegan Cookies, sekarang kita punya kreasi kue bolu alias cake yang 'disusupi' sayuran lagi :D

Kali ini resepnya dibuat dan dikirim oleh Mama Mindy Jordan yang juga menjadi kontributor resep cihuy di buku 99+ Resep Rumahan Cihuy! itu, lho!

Kata Mama Mindy,
"Ini resep asoy deh! Kue coklatnya moist dan rasa zucchininya ga berasa. Buatnya juga ga rempong, tinggal cemplang-cemplung. Pokoknya andalanlah biar anak jadi makan zucchini."

sllluurrrpppp........

Okeh! Markisim dan markicob resepnya di bawah ini!

Rabu, 02 April 2014

Resep | Cupcake Cokelat Terong

Halo Mama Kece!

Jadi ceritanya kan sekitar satu minggu lalu, saya diundang mewakili Komunitas Mamaku Koki Handal & MPASI Rumahan untuk menjadi narasumber di sebuah talkshow di Summarecon Mal Serpong mengenai "Jajanan Sehat Untuk Anak" yang diadakan oleh Daai TV. Kalau cuma ngobrol doang kan kayaknya kurang gimanaaaaa gitu ya, jadi saya mikir membuat sesuatu yang enak, tapi lebih berisi. Saya mikir paling deket aja. Mikir anak saya. Anak saya sih suka cokelat, tapi apa ya yang kalo dimasak begitu aja nggak disukai anak kicil ini? Akhirnya keluar satu sayuran: TERONG!

Jadi misi dimulai...

Minggu, 23 Maret 2014

Buku 99+ Resep Rumahan Cihuy! Dari Mama Untuk Mama.

Ahhhh... Akhirnya, setelah sekian lama penantian *eciye*


Sebelumnya salim dulu sama mama-mama kece pembaca blog ini karena lama banget nggak pernah ngeblog. Pasti kangen kan sama Mamah nan kece marece ini kannn? *dilemparin sutil* . Disini Mamah cuman mau cerita mengenai buku seri Cihuy! ke-3 komunitas Mamaku Koki Handal - MPASI Rumahan yang sejauh ini merupakan buku resep pertama komunitas kita tercinta ini (!!!)

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga proses panjang nyusun buku ke-3 komunitas yang isinya para mama kece koki handal keluarga ini. Banyak cerita seneng, sedih, bahagia, ngesyelin di sana-sini :D. Buku ini dibuat karena banyak masukan dari Mama Kece di sosmednya komunitas @MamakuKokiHandal @MPASIRumahan untuk bikin buku resep.
Saya mau buku ini, di mana letaknya ya?
FYI, kami emang belom punya buku yang kheuseus isinya resep MPASI dan makanan anak-anak. Abis kan semua ada ya di milis :D. Tapiii, ternyata banyak mama kece yang bilang gini:

"kenapa ga dibukuin aja tuh resep-resep di milis. Biar praktis dan cihuy gitu lho!"

Kita mikirnya "Apa ada yang mau beli ya?", dan "ah, repot mintain ijin satu-satu tiap mama kece di milis yg punya resepnya". Gituuuu =))) Tapi dengan rongrongan terus menerus dari member, followers, PLUS mbak editor penerbit Rak Buku yang rajin nanya "Kapan bikin buku lagi". Kami menyerah :D 

Proses penyusunan dimulai ±8 bulan lalu. Mulai dari milih resep-resep cihuy para member kece kami, ngontak satu demi satu, minta ijin. Yang paling refot, ternyata email para mama kece yang akan dijadiin kontributor udah ga aktif. Kami udah kaya secret agent, nelusurin sampe dapet. Setelah memilih, kami test juga resep yang udah kita dapat. *lap jidat*. Ada deramah juga tiap prosesnya. K-Drama mah lewat!! 


Apa deramahnya? Buanyak,

Senin, 09 Desember 2013

TIPS | Bagaimana Membuat Onigiri Untuk Bekal Ala Bento

Cuwiwit!

Postingan ini didedikasikan kepada Mama-mama Kece yang anak-anak manisnya udah pada mulai masuk PAUD/TK :D

Yaaa.. Gimana ya, kan dari kecil kita sudah ajarin untuk makan makanan dan masakan yang wholesome, segar dan sehat. Masa pas udah mulai sekolah, kita kasih duit buat makan jajan-jajan setiap hari? Kalo bisa, jangan sering-sering ya. Kita bikin gerakan Bekal Sehat Ke Sekolah lebih membahana yuk, menyambung MPASI Rumahan!

Naaaaah, salah satu cara ngebekel buat ke sekolah contohnya adalah nge-bento alias ngebekel ala-ala orang Jepang itu lho. Salah satu yang ada di dalamnya adalah Onigiri. Ada yang tau apa sih Onigiri itu?

Yak betul! Onigiri adalah nasi kepal ala Jepang. Biasanya dibuat dari beras Jepang yang setelah menjadi nasi memang teksturnya pulen dan kenyal. Bisa berupa nasi putih biasa, atau diisi dengan aneka makanan, asinan, lauk, dan kadang dibungkus/ditabur dengan nori/rumput laut. Tapi, gimana kalo disini bahan-bahannya susah? Nggak perlu khawatir! Pokoknya Mama Kece paham prinsip-prinsip membuat sebuah Onigiri. Yuk, kita simak tipsnya!

Kamis, 05 Desember 2013

Resep | Quiche ala MPASI (9 Bulan+)

Inilah dia, vlog paripurna (eciye) dari rangkaian #TantanginMamahDong di Fanpagenya Mamaku Koki Handal - MPASI Rumahan.

Kali ini tantangannya dari Mama Aghnia Layalia, dia memberikan tantangan untuk membuat Makanan Pendamping ASI Rumahan dari bahan ikan air tawar-toge-terong.

Dan kali ini tantangan ini dijawab menjadi Quiche Ala MPASI!

Yuk cek videonya!

Kamis, 28 November 2013

Resep | Tim Ikan Aroma (8 Bulan+)

Eng Ing Eng.... (duile eng ing eng, ketauan deh umurnya :D)

Masih inget soal #TantanginMamahDong ? Ini dia resep yang diilhami dari penantang ke-dua: Mama Aksari Dewi menantang kami untuk membuat MPASI Rumahan dari bahan Ikan Patin dan Kecombrang/honje!

Berhubung cuman buat MPASI alias makanan bayi, kita pilih aja yang gampang dan enak (hahaa). Bener-bener guampang banget bikinnya dan tim ikan ini wanginya, hmmmmm!

Untuk versi dewasa, tinggal tambahkan sedikit garam dan irisan cabe rawit... Ah ngeces deh! Yuk, langsung aja kita lihat video cara pembuatannya!

Senin, 04 November 2013

Resep | Vegan Avocado Cookies / Kukis Alpukat Vegan

Halo Mama Kece! Kali ini kami akan menampilkan recipe of the week yang super kece dari Mama Mindy Jordan! Kami selalu suka dengan foto-foto makanan yang dibuat untuk Medea -putrinya- dan juga resep-resepnya yang yummy!
Ohya, karena menggunakan ukuran cup, kalau nggak punya bisa Mama kece cek cara konversinya pada tautan konversi cup ke gram ini yah.
Yuk dicoba! Mumpung besok libur :) 

Kita sekeluarga bukannya veganer, tetapi pemakan segala. Namun saya sering nyoba menu masakan/baking yg vegetarian atau vegan. Sekedar untuk balancing aja dan juga untuk variasi menu. Cookies coklat ini lumayan untuk ngobatin kangen sama rasa jus alpukat pake coklat di kampung halaman. Jangan kuatir, rasa alpukat ga berasa banget dan jumlah gula di resep walaupun terlihat banyak tapi cookiesnya ga manis. Adonan cookiesnya seperti brownie.
Yang perlu dikuatirin itu, isi toples cookiesnya akan cepet kosong!

Untuk keluarga + Anak-anak 12 Bulan+
Kira-kira jadi 2 lusin cookies!

Bahan:
photo by: Mindy Jordan
1 1/4 cup tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
2/3 cup coklat bubuk (van Houten)
1/4 cup minyak canola
1/4 cup alpukat halus
1/4 cup gula
1/2 cup brown sugar
1 sdt vanilla extract (jika tidak punya, bisa gunakan 1/8 sdt vanilla bubuk)
1/3 cup susu kacang almond atau susu kacang kedelai
1/2 cup coklat masak (dark/milk cooking chocolate) cacah atau chocolate chips